Ikuti Indonesia Memasak by Yummy dan Upload Resepnya, Pasti Dibaca Banyak Orang!

Indonesia Memasak by Yummy App


Memasak adalah salah satu hobi yang banyak diminati orang Indonesia oleh karena Indonesia punya banyak sekali bahan rempah dan juga jenis makanan yang berbeda-beda. Coba deh ikutan Indonesia Memasak by Yummy. Kalau hanya memasak, kenapa kita tidak berpikir untuk mengembangkan hobi kita tersebut? Apalagi kalau resep kita bisa banyak bermanfaat bagi banyak orang dan tentu saja kita bisa mendapatkan cuan loh.

Penasaran kan bagaimana supaya resep makanan kamu dibaca dan dimasak kembali oleh banyak orang? Selain memasang foto yang menarik, penulisan resep juga harus mudah dibaca dan dimengerti oleh pembaca baik itu millennials ataupun para pecinta kuliner lainnya.

Penulisan Resep Masakan yang Pas

Kamu harus menghindari penyingkatan nama bahan dan cara memasak seperti kutel (kuning telur), putel (putih telur), migor (minyak goreng), GGM (gula, garam merica), secukupx, rasanx, soalx dan penggunaan huruf hias

Ada baiknya menuliskan secara utuh karena pembaca resep masakan kamu bisa jadi adalah pemula dan tidak bisa mengerti singkatan-singkatan seperti itu. Repot sedikit tapi jadi lebih banyak orang yang bisa masak berkat penjelasan lengkap dari kamu

Tuliskan estimasi waktu memasak, jumlah porsi, jenis makanan (kue kering, makanan utama, cemilan, dan lain-lain) serta asal daerah masakan tersebut.

Pemberian judul masakan penting untuk diperhatikan karena bagian ini yang paling pertama dibaca. Berilah judul yang menggambarkan masakanmu dengan kombinasi unsur masakan seperti bahan utama, cara dan waktu memasak, daerah asal masakan dan keunikan cerita di baliknya. Misalnya: Sup Ayam Jahe, Iga bakar teflon 15 menit, Roti bakar khas Kopitiam Medan, Kue Nastar lumer.

Dibalik setiap resep masakan di luar acara Indonesia Memasak by Yummy, ada kisah atau cerita yang jadi inspirasi. Tuliskan ceritamu agar resep makanankamu semakin unik dan menarik.

Penulisan Bahan dan Langkah yang Detail dan Jelas

Kamu bisa menulis mulai dari bahan utama terlebih dahulu dan bahan-bahan berikutnya yang digunakan secara berurutan. Beri takaran pada setiap bahan meskipun berupa kira-kira. Hal ini agar resep kamu bisa dimasak dengan lebih mudah oleh pembaca resep.

Gunakan pengelompokan bahan misalnya bahan isian, bahan saus lalu tambahkan bahan-bahan yang digunakan di bagian bawahnya.

Isi satu kolom dengan satu bahan dan hindari menulis bagian lain dalam kolom yang bukan kelompoknya. Misal 200 g tepung terigu yang sudah disangrai dan dicampur dengan 50 g tepung tapioka.

200 g tepung (untuk penjelasan dimasukkan di langkah memasak)

Jika ada tekstur, warna atau rasa yang berubah dalam proses memasak bisa dituliskan juga. Misalnya masak hingga ayam berubah menjadi kecokelatan dan empuk.

Lakukan pengecekan akhir dan pastikan semua sudah tercatat seperti bahan, takaran, waktu, porsi, langkah memasak dan tips (jika ada).

Memilih Foto yang Terbaik untuk diupload di Yummy App

Beri foto makanan yang jelas, menarik dan menampilkan hasil masakan kamu dengan utuh. Beberapa ketentuan memasukkan foto di Yummy App:

1. Foto harus asli, tidak diambil dari website atau konten tertentu yang melanggar hak cipta

2. Foto bukan untuk tujuan komersial

3. Jika kamu lupa foto hasil masakannya, kamu tetap dapat menerbitkan resepnya loh di Yummy App. Fotonya bisa kamu pasang nanti ketika kamu memasak kembali makanan tersebut.

Beberapa tips penting untukmy agar foto makanan lebih menarik dilihat orang:

1. Cari cahaya yang cukup agar warna makanan lebih jelas, misalnya cahaya matahari. Jika kamu memasak di malam hari, pastikan cahaya lampu kamu cukup terang ketika kamu mengambil foto makanan

2. Gunakan wadah dengan warna netral agar foto bisa fokus kepada masakan kamu dan terlihat dengan jelas

3. Bereksperimen dengan berbagai sudut dan ambil foto berkali-kali sehingga kamu bisa memilih foto terbaik.

Nah, itulah kurang lebih bagaimana supaya resep kamu bisa banget dibaca oleh banyak orang. Bagaimana? sudah cukup jelas kan? Jangan lupa ikutan event online cooking terbesar di Indonesia saat ini, Indonesia Memasak by Yummy yang dibuat oleh tim IDN Media.

No comments